Herbal Efektif Untuk Gejala Menopause Pada Wanita

Begitu wanita mencapai usia 40-an, siklus haidnya menjadi tidak teratur dan akhirnya berhenti. Ini menipisnya menstruasi seorang wanita dikenal sebagai menopause .

Menopause selalu disertai gejala tertentu lainnya seperti hot flashes, keringat malam, fluktuasi berat badan, rambut rontok, insomnia, kekeringan vagina, gatal dll.

Gejala ini sangat menyebalkan sehingga mempengaruhi aktivitas wanita sehari-hari. Penelitian ekstensif telah muncul yang melaporkan bahwa ramuan tertentu sangat efektif untuk gejala menopause pada wanita.

Jenis Herbal Untuk Menopause
1. Herbal Phytoestrogenic
Ini adalah kelas herbal yang mengandung senyawa phytoestrogen yang memiliki kesamaan struktural dengan estrogen manusia.

Senyawa fitoestrogen ini berfungsi dengan cara yang sama seperti estrogen pada tingkat sel. Mereka berfungsi dengan menyeimbangkan kadar estrogen dan progesteron di dalam tubuh.

Beberapa contoh ramuan tersebut adalah cohosh hitam, ginseng, don quai, semanggi merah, dll.

2. Herbal Non-Phytoestrogenic
Ramuan ini tidak mengandung senyawa phytoestrogen dan memiliki efek stimulasi pada tubuh, sehingga mengurangi gejala.

Contoh-maca fem.

Herbal Phytoestrogenic
1. Black Cohosh
Acetae racemosa  juga dikenal sebagai black cohosh, telah dilaporkan sangat efektif untuk hot flashes. Sudah satu abad praktek lama untuk menggunakan cohosh hitam sebagai obat untuk hot flashes.

Hot flashes menjadi salah satu gejala menopause yang paling menonjol. Ini mempengaruhi hampir 95% wanita yang telah mencapai masa menopause mereka. Ramuan tersebut telah dilaporkan membantu mengurangi intensitas dan terjadinya hot flashes pada wanita.

Meski telah ada kemajuan besar di bidang ini, mekanisme yang tepat dari tindakan black cohosh masih belum dipahami dengan jelas. Dikatakan memiliki efek estrogen dan progesteron tapi tidak bisa dikatakan dengan pasti.

Black cohosh telah memberikan hasil yang beragam. Penggunaan ramuan ini pasti mengurangi ketidaknyamanan hot flashes namun tingkat keberhasilannya tidak 100%. Tidak semua wanita diuntungkan dengan ramuan ini.

Dosis
Black cohosh dijual sebagai suplemen herbal. Ini tersedia di pasaran dalam berbagai kombinasi.

Konsultasikan dengan dokter sebelum konsumsi dianjurkan. Tapi ada sejumlah merek yang menghasilkan dosis pada label mereka.

Efek samping
Tidak ada efek samping yang menonjol dari ramuan tersebut yang telah dilaporkan pada wanita yang dapat menyebabkan penghentian konsumsi ramuan tersebut.

Perut perut kecil; Sakit kepala dan mual menyebabkan sedikit ketidaknyamanan pada wanita selama pemberian ramuan awal.

2. Don Quai Atau Angelica Sinensis
Don Quai adalah ramuan yang digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Penggunaan don quai dengan beberapa kombinasi ramuan tertentu berasal dari 1.200 tahun dan telah efektif untuk mengobati masalah rahim dan ovarium.

BebasJerawat.info bisa mengatakan bahwa Ini tidak terlalu efektif melawan hot flashes tapi bisa membantu mengurangi gejala menopause lainnya seperti mual, kekeringan vagina, dll.

Bila dikonsumsi dalam kombinasi dengan ramuan lainnya, obat ini digunakan untuk mengobati penggumpalan darah, sindrom pramenstruasi, kram menstruasi dan pada kasus tertentu, juga efektif untuk PCOS (sindrom ovarium polikistik) .

Dosis
Don quai atau yang juga dikenal dengan nama dang gui, tang kui atau angelica cina tersedia di pasaran dengan berbagai kemasan, diberi label dengan nama yang berbeda dan kombinasi dengan ramuan lainnya.

Hal ini dikonsumsi secara oral dan dosis bervariasi tergantung pada tingkat gejala, berat badan dan usia wanita.

Wanita bisa mengkonsumsi rebusan (mendidihkan beberapa akar dalam secangkir air dan menggunakan air setelah penyaringan) dari don quai, bubuk daun kering atau akar kering juga bisa dikonsumsi.

Konsultasikan dengan dokter atau ahli herbal yang dianjurkan agar orang bisa mengerti jumlah asupan yang tepat. Label dari botol kemasan juga dapat dikonsultasikan untuk referensi.

Efek samping
Beberapa studi klinis modern telah mengungkapkan bahwa don quai tidak membantu gejala menopause pada semua kasus.

Wanita yang menderita kanker payudara disarankan untuk tidak menggunakan don quai. Ini juga harus tidak dikonsumsi oleh wanita dengan fibroid dan masalah penggumpalan darah seperti hemofilia atau wanita di bawah pengobatan penggumpalan darah.

3. Ginseng Atau  Panax Ginseng  Atau Panax Quinquefolius
Periset menunjukkan bahwa ginseng sangat membantu dengan beberapa gejala menopause seperti mood swings dan insomnia. Ginseng mengandung hormon tanaman yang menyerupai estrogen dalam struktur dan fungsi pada tingkat sel.

Saat menopause menciptakan ketidakseimbangan hormon, ramuan khusus ini dengan senyawa phytoestrogen dapat diberikan yang mengembalikan keseimbangan kadar estrogen dan progesteron di tubuh wanita dan oleh karena itu membantu mengurangi gejala menopause.

Ginseng bisa digunakan untuk menyembuhkan kekeringan vagina yang disebabkan karena menopause. Tidak hanya gejala menopause tapi ginseng juga bermanfaat untuk kebaikan total orang tersebut. Beberapa gejala seperti hot flashes, keringat malam, dan kelembutan payudara bisa dijaga dengan penggunaan ginseng.

Dosis
Konsumsi ginseng oleh individu bervariasi. Ini adalah suplemen herbal dan mudah tersedia di pasaran dengan merek yang berbeda.

Orang juga bisa menggunakan bubuk akar, teh atau ekstrak untuk konsumsi oral. Dosis ramuan bervariasi tergantung kondisinya.

Konsultasikan dengan dokter atau ahli herbal sebelum mengkonsumsi ramuan untuk gejala menopause.

Efek samping
Efek samping umum ginseng meliputi diare, palpitasi jantung, tekanan darah tinggi dan sakit kepala.

Dalam beberapa kasus, ginseng membantu mengatasi insomnia tapi kasusnya bisa dibalik. Ginseng dapat menyebabkan insomnia pada beberapa wanita.

4. Red Clover
Semanggi merah ( Trifolium pratense ) adalah herbal abadi, biasanya ditemukan di Asia, Eropa Tengah dan Afrika Utara.

Karena kandungan vitamin dan gizi yang tinggi, telah digunakan sejak dahulu kala untuk menyembuhkan penyakit dan regenerasi sel yang efektif. Semanggi merah telah dipelajari secara menyeluruh untuk efeknya pada hot flashes dan keringat malam yang disebabkan karena menopause pada wanita paruh baya.

Ini mengandung sejumlah besar isoflavon yang merupakan senyawa seperti estrogen. Senyawa mirip estrogen ini juga bertindak seperti estrogen dan membantu menjaga keseimbangan estrogen dalam tubuh yang selanjutnya mengurangi gejala menopause.

Karena mineral seperti kalsium dan fosfat hadir dalam semanggi merah, ini juga dapat membantu mengatasi penurunan kepadatan tulang dan osteoporosis.

Dosis
Ramuan kering bisa digunakan untuk pengobatan. Teh herbal juga dianjurkan untuk konsumsi yang disiapkan dengan merebus 2-3 bunga secangkir air.

Bagian tanaman kering juga bisa digunakan dalam bentuk bubuk.

Efek samping
Efek samping ringan seperti sakit kepala dan mual biasanya dilaporkan. Beberapa efek samping yang parah juga dapat mencakup masalah hati dan perdarahan vagina.

Gejala ini hanya berhubungan dengan penggunaan ramuan.

5. Gingko
Gingko Biloba juga dikenal sebagai pohon fosil adalah ramuan yang digunakan dalam obat tradisional selama ribuan tahun. Juga dikenal sebagai aprikot perak Jepang, pohon maidenhair atau pohon kew, sekarang dieksploitasi di seluruh dunia untuk mendapatkan manfaat obatnya.

Gingko adalah stimulan dan membantu menghilangkan beberapa gejala menopause. Gingko membantu mengurangi gejala dengan meningkatkan kadar estrogen tubuh. Cara aksi gingko ini telah dikaitkan dengan banyak gejala seperti masalah ingatan dll.

Gingko juga dikenal karena mengurangi jumlah partikel yang merusak di dalam tubuh, yang karenanya mengarah pada kesejahteraan total orang tersebut. Ini membantu wanita mengatasi gejala osteoporosis, perubahan suasana hati dan sakit kepala.

Dosis
Gingko seperti kebanyakan ramuan lainnya tersedia sebagai suplemen herbal. Seseorang harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi ramuan tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, telah digunakan sebagai ekstrak daun pekat yang dikenal dengan ekstrak Gingko biloba (GBE). Teh, ekstrak, serbuk dan salep kulit Gingko juga tersedia di pasaran.

Untuk dosis yang tepat, seseorang dapat berkonsultasi dengan label pengepakan dan melanjutkan.

Efek samping
Senyawa gingko adalah antioksidan dan dikaitkan dengan efek samping tertentu seperti mual; gangguan tidur, kehilangan libido, perubahan suasana hati dan beberapa reaksi alergi seperti bersin dan sakit kepala dengan mata berair.

Lebih dari dosis ramuan juga dapat menyebabkan mual, diare, mudah tersinggung dan gelisah.

6. Vitex Chaste Berry
Vitex adalah tanaman dari wilayah Mediterania. Orang-orang di kawasan ini telah mengkonsumsi vitex untuk banyak masalah ketidakseimbangan hormonal sejak berabad-abad.

Vitex agnus telah membantu wanita mengatasi ketidakseimbangan hormon terutama yang berkaitan dengan estrogen dan progesteron.

Bunga pohon telah dilaporkan mengandung senyawa tertentu yang membantu meringankan gejala menopause, sindrom ovarium polikistik (PCOS), nyeri payudara dan sindrom pramenstruasi (PMS).

Vitex chaste berry adalah pohon yang telah banyak berkontribusi pada kesejahteraan wanita secara keseluruhan yang mengurangi terjadinya mual, sakit kepala dan demam biasa.

Vitex agnus mengandung senyawa yang merangsang kelenjar pituitari untuk menghasilkan progesteron dan karenanya menyeimbangkan kadar hormon seks dalam tubuh.

Dosis
Orang menggunakan bunga vitex langsung untuk makan. Berries, batang dan daun yang lembut juga dimakan sebagai hiasan. Tingtur chasteberry, ekstrak jus dan tablet juga digunakan oleh orang.

Teh Chasteberry juga memiliki manfaat yang besar.

Vitex adalah ramuan yang mengandung senyawa ampuh dan harus dikonsumsi setelah berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal.

Efek samping
Karena vitex mengubah kadar hormon, ia dapat memiliki beberapa efek samping ringan dan ringan. Ibu hamil dan wanita dengan kanker payudara sebaiknya tidak mengkonsumsi ramuan ini dalam bentuk apapun.

Wanita yang sudah memiliki kadar hormon seks harus terhindar dari asupan ramuan tersebut dan berkonsultasi ke dokter sebelum mempertimbangkan ramuan ini untuk dikonsumsi.

Kemungkinan efek samping dari vitex chasteberry adalah mual, kram perut, ruam, gatal dan bengkak.

7. Kedelai
Kedelai adalah salah satu sumber protein terkaya; itu dibudidayakan di seluruh dunia. Karena tingginya jumlah hormon phytoestrogenic, kedelai telah banyak digunakan sebagai ramuan menopause.

Kedelai telah terbukti untuk mengurangi gejala menopause dan oleh karena itu dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh gejala seperti hot flashes, keringat malam dan insomnia.

Isoflavon yang ditemukan dalam kedelai dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif terapi penggantian hormon untuk mengatasi gejala menopause.

Karena adanya senyawa seperti estrogen, kedelai dapat membantu menyeimbangkan kadar hormon wanita.

Tidak hanya efek phytoestrogen namun juga memiliki khasiat bermanfaat lainnya. Antioksidan dan cadangan protein yang kaya membuat kedelai menjadi salah satu makanan terbaik agar sesuai untuk dikonsumsi.

Dosis
Pasar membanjiri produk kedelai yang dapat dimakan yang membuat mereka mudah dijangkau untuk semua. Susu kedelai, keju, es krim, dan tahu adalah beberapa produk susu kedelai.

Tepung tepung kedelai, burger, mentega kedelai, sereal kedelai dan tempe mudah didapat dan bisa dimasukkan ke dalam makanan seseorang.

Efek samping
Beberapa orang mungkin kedelai tidak toleran. Orang mungkin mengalami reaksi alergi seperti pembengkakan pelengkap, mata berair dan bersin disertai ruam mayor.

Konsumsi kedelai yang berlebihan juga dapat menyebabkan infertilitas pada beberapa kasus dilaporkan oleh studi klinis yang dilakukan oleh laboratorium independen.

Alasan utama Hyperthyroidism juga bisa menjadi diet protein tinggi.

Herbal Non-Phytoestrogen
1. Macafem
Macafem adalah salah satu ramuan non-fitoestrogen yang paling banyak digunakan untuk pengobatan gejala menopause dan masalah terkait menstruasi lainnya.

Macafem atau Lepidium meyenii adalah tanaman asli Peru dan telah digunakan selama berabad-abad oleh penduduk setempat sebagai makanan dan obat-obatan. Ini digunakan sebagai ramuan menopause karena memiliki nilai gizi tinggi dan manfaat kesehatan.

Sekarang digunakan sebagai ramuan menopause di berbagai belahan dunia seperti Amerika Utara, Eropa Tengah dan beberapa wilayah di Asia.

Penurunan kadar estrogen selama menopause menyebabkan gejala seperti kekeringan vagina, perubahan suasana hati, hot flashes, disfungsi seksual dan keringat malam.

Bila diminum dalam jumlah yang tepat, Macafem bisa menjadi obat yang sangat efektif melawan gejala yang disebutkan di atas. Macafem bermanfaat tidak hanya untuk gejala menopause tapi juga membantu wanita dalam menurunkan berat badan, mencegah kekeringan vagina; Pemeliharaan kulit (tetap terlihat muda dan bersinar), proses penuaan yang lambat dan haid yang teratur.

Ini tidak mengandung senyawa progesteron atau sejenis estrogen tapi merangsang kelenjar tubuh untuk menghasilkan hormon ini dan karenanya, menyeimbangkan hormon.

Dosis
Macafem telah digunakan sebagai tepung maca bet, yang dibuat dengan menggiling akar tanaman kering yang kering dari matahari.

Orang menggunakan tepung ini untuk tujuan pembuatan kue, biskuit dan minuman. Penduduk setempat juga telah menggunakan akar kering sebagai bubuk, keripik dan sayuran.

Macafem kapsul dan gel sekarang tersedia di pasar untuk konsumsi. Ekstraknya juga tersedia dengan berbagai merk.

Efek samping
Karena dikonsumsi seperti sayuran di beberapa belahan dunia, efek sampingnya tidak begitu menonjol.

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi ringan seperti ruam, gatal dan mata berair karena adanya intoleransi berbagai senyawa yang ada di pabrik.

Tidak ada efek samping yang berbahaya dan berat yang dilaporkan setelah mengkonsumsi obat tersebut.

2. Minyak Primrose Malam
Diambil dari biji Oenothera, minyak evening primrose diketahui digunakan untuk gejala menopause. Ini digunakan sebagai sumber asam lemak yang bermanfaat.

Asam lemak yang ada dalam minyak telah diketahui dapat meredakan nyeri payudara akibat menopause.

Wanita telah mengkonsumsi minyak ini untuk gejala menopause ringan lainnya seperti kekeringan vagina, gatal, dan kemungkinan iritasi kulit.

Dosis
Minyak dikonsumsi secara oral tanpa efek yang dilaporkan oleh aplikasi lokal pada kulit untuk gejala menopause. Minyak bisa dicampur dengan makanan lain agar mudah dikonsumsi. Minyak bisa ditambahkan ke smoothies, milkshake dan salad.

Dokter menyarankan agar mengkonsumsi 3-4 gram minyak setiap hari untuk nyeri payudara. Konsultasikan dengan dokter sebelum asupan apapun dianjurkan.

Efek samping
Ibu hamil harus menahan diri untuk tidak mengambil minyak. Perawat wanita bisa berkonsultasi dengan penasihat medis mereka sebelum asupan minyak.

Ada kekhawatiran bahwa minyak evening primrose dapat meningkatkan kemungkinan pendarahan dan memar. Orang dengan gangguan pendarahan sebaiknya tidak mengkonsumsi minyak.

Selain itu, wanita yang telah menjalani operasi dengan luka segar sebaiknya tidak mengkonsumsi minyak karena dapat meningkatkan risiko pendarahan.

Gejala menopause bisa sangat parah dan mungkin juga menghambat aktivitas sehari-hari wanita sehingga mereka memerlukan perhatian medis yang cepat.

Tanaman obat yang disebutkan di atas adalah yang memiliki efek samping minimal atau tidak mungkin mengancam nyawa.

Menggunakan ramuan ini di bawah pengawasan penasihat medis akan membantu mengurangi ketidaknyamanan dan membuat menopause menjadi fase kehidupan perempuan yang lebih mudah.